Pages

Monday, November 17, 2008

Ratusan Rumah Rusak, Seorang Pensiunan TNI Tewas

GORONTALO, SENIN — Ratusan rumah warga di Kabupaten Gorontalo Utara rusak dan seorang warga tewas akibat gempa tektonik berkekuatan 7,7 SR di Gorontalo.

Warga yang meninggal, yakni seorang purnawirawan TNI, La Aca Tampil, warga Desa Dumbalo, Kecamatan Kwandang, Gorut, akibat tertimpa dinding rumahnya. "Korban sempat dibawa ke rumah sakit, tetapi akhirnya meninggal" kata Abdul Wahab Paudi dari Humas Pemkab Gorut.

Data dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), korban luka bertambah menjadi dua orang, yakni Nurce (54) dan Sefrudin Zakaria, warga Kecamatan Sumalata

Koordinator Tagana Kecamatan Sumalata Risan Demato mengatakan, dari data sementara terdapat sekitar 50 rumah rusak ringan, 40 unit rusak berat, dan 9 ambruk total yang terbesar di 10 desa.

Dua sekolah yakni SMP Negeri Tolinggula Ulu di Kecamatan Tolinggula rusak total dan SMP Negeri II Sumalata yang baru dibangun juga rusak berat.

Gempa juga mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan di Kabupaten Pohuwato, yang merupakan perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Dua gedung sekolah yakni SD Negeri Mekarti Jaya di Kecamatan Taluditi dan SD Negeri Lemito di Pohuwato dilaporkan rusak berat dan sejumlah rumah retak. -- Kompas

No comments:

Posting Terkini