Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam sidang Majlis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke-64 di Markas Besar PBB menyampaikan pidato yang membahas tentang kondisi umum di dunia saat ini. Salam pidatonya Ahmadinejad mengajukan sejumlah prakarsa untuk memperbaiki kondisi yang ada.
Berikut ini adalah teks lengkap pidato Presiden Ahmadinejad;
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah rabbil ‘alamin. Wasshalatu wassalamu ‘ala sayyidina wanabiyyina Muhammad wa alihi al-thahirin wa shahbihi al-muntajabin.
Allahumman ‘ajjil liwaliyyikal faraja wal ‘afiata wan nashr. Waj'alna min khairi ansharihi wa a'wanih walmustasyhadina baina yadaih.
Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam sidang Majlis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke-64 di Markas Besar PBB menyampaikan pidato yang membahas tentang kondisi umum di dunia saat ini. Salam pidatonya Ahmadinejad mengajukan sejumlah prakarsa untuk memperbaiki kondisi yang ada.
Berikut ini adalah teks lengkap pidato Presiden Ahmadinejad;
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah rabbil ‘alamin. Wasshalatu wassalamu ‘ala sayyidina wanabiyyina Muhammad wa alihi al-thahirin wa shahbihi al-muntajabin. Allahumman ‘ajjil liwaliyyikal faraja wal ‘afiata wan nashr. Waj'alna min khairi ansharihi wa a'wanih walmustasyhadina baina yadaih.
Bapak ketua, rekan-rekan yang terhormat; bapak dan ibu
Saya mengucapkan syukur kepada Allah yang Maha Besar atas kesempatan hadir kembali di forum penting dunia ini. Selama empat tahun lalu saya telah berbicara kepada kalian mengenai problem utama dunia, sebab dan faktor-faktor asli munculnya problem ini, ketangguhannya dan pentingnya meninjau kembali pemikiran dan perbuatan para pemilik kekuataan sekaligus solusinya.
Ada dua aliran pemikiran yang saling bertentangan. Pertama, berdasarkan prinsip mendahulukan kepentingan materinya atas orang lain. Demi menguasai dunia dan memaksakan kehendaknya terhadap bangsa-bangsa lain mereka memperluas ketidakadilan dan kezaliman, kemiskinan dan penderitaan, agresi dan penipuan. Hasil dari cara pandang ini menggambarkan keputusasaan dan masa depan yang kelam kepada manusia.
Kedua, berdasarkan prinsip keimanan kepada Allah yang Maha Esa dan mengikuti ajaran-ajaran para nabi ilahi. Aliran pemikiran ini menginginkan terciptanya dunia yang penuh dengan rasa aman, bebas, sejahtera, perdamaian yang berkelanjutan berdasarkan keadilan dan spiritual bagi seluruh umat manusia dengan tetap menghormati kemuliaan manusia dan cinta kepada sesama. Sebuah aksi, yang menghormati setiap manusia, bangsa, budaya tradisional yang tak ternilai, kebangsaan dan kemanusiaan, yang menuntut dihapuskannya diskriminasi dari dunia dan kesetaraan semua di hadapan hukum yang berdasarkan keadilan dalam memanfaatkan segala fasilitas, kesempatan belajar, kesempurnaan manusia dan kemajuan. Cara pandang ini berusaha mewujudkan masa depan penuh harapan.
Saya berbicara tentang mendesaknya perubahan mendasar dalam cara pandang terhadap dunia, manusia dan pentingnya menciptakan sistem yang adil dan insan yang baru demi terciptanya esok yang cemerlang.
Saudara-saudara dan rekan-rekan sejawat.
Hari ini, sebagai kelanjutan dari pembicaraan saya yang dahulu, saya ingin menjelaskan beberapa poin tentang pelbagi dimensi perubahan yang harus diwujudkan.
Poin Pertama
Situasi yang menguasai dunia saat ini jelas tidak mungkin dapat dilanjutkan. Kondisi sepihak dan tidak diidamkan saat ini bertentangan dengan fitrah manusia dan bahkan bertentangan dengan tujuan penciptaan dunia dan manusia. Kini tidak mungkin lagi menciptakan kekayaan semu uang kertas dan menyuntik kekayaan tidak riil bernilai puluhan trilyun dolar kepada ekonomi dunia. Setelah menciptakan defisit anggaran luar biasa, inflasi, problem ekonomi dan sosial, apa yang dihadapi ini hendak dialihkan kepada negara-negara lain, bahkan berusaha memindahkan kekayaan negara-negara lain kepada ekonomi negara-negara tertentu.
Mesin ekonomi kapitalis, kendali yang tercerai-berai, dengan sistem tidak adil telah berada di ujung jalan, tidak dapat dipakai lagi dan tidak mampu mempertahankan keseimbangannya yang hanya memiliki satu sisi.
Periode pemaksaan ide kapitalisme yang tak berperasaan, pemaksaan selera dan animo satu kelompok khusus kepada masyarakat internasional, ekspansi hegemoni terhadap dunia dengan nama globalisasi dan era kekaisaran, telah berakhir. Masa penghinaan terhadap bangsa-bangsa dan pemaksaan politik standar ganda sudah tamat.
Bila dikatakan keberhasilan sebagian negara merealisasikan keinginannya sebagai satu-satunya tolok ukur ada atau tidak adanya kebebasan dan demokrasi; berada di bawah bendera kebebasan dengan melakukan segala penipuan dan ancaman terburuk dicitrakan sebagai demokrasi dan diktator dianggap demokrat; semua ini jelas buruk dan tidak memiliki legitimasi. Sudah bukan zamannya lagi sebagian menjadikan dirinya sebagai devinisi demokrasi dan kebebasan, menganggap dirinya sebagai tolok ukurnya dan saat melanggar, mereka meletakkan dirinya sebagai hakim dan eksekutornya. Sementara pada saat yang sama mereka juga memerangi negara-negara yang berdasarkan demokrasi hakiki.
Namun penyebaran kebebasan global dan kesadaran bangsa-bangsa di dunia tidak akan membiarkan terus watak tidak benar ini. Dengan alasan inilah mayoritas bangsa-bangsa, termasuk rakyat Amerika menanti perubahan luas, dalam dan riil. Itulah mengapa mereka menyambut baik slogan perubahan dan akan terus menyambutnya.
Siapa yang dapat menggambarkan kemungkinan berlanjutnya pemaksaan politik tidak manusiawi di Palestina? Bertentangan dengan segala tolok ukur kemanusiaan, mereka mengusir satu bangsa dari rumah-rumah mereka secara paksa di bawah todongan senjata dan propaganda bohong selama 60 tahun. Mereka menyerang rakyat Palestina dengan segala cara tidak manusiawi dan peluru kendali, bahkan senjata terlarang. Sebaliknya, mereka bahkan merampas hak rakyat Palestina untuk membela diri. Lebih aneh lagi, di hadapan ketercengangan masyarakat internasional, mereka malah menyebut agresor dan penjajah sebagai pihak yang "cintai damai" dan "benar", sementara rakyat yang terzalimi disebut "teroris".
Bagaimana mungkin kejahatan para penjajah terhadap anak-anak dan wanita, perusakan tempat-tempat tinggal, tanah pertanian, sekolah-sekolah dan rumah-rumah sakit mendapat perlindungan mutlak sebagian negara, sementara para pria dan wanita tertindas yang dianggap bersalah hanya dikarenakan membela rumah dan tanah airnya berada di bawah blokade bahan pangan, air, obat-obatan dan pembersihan etnis. Bahkan diupayakan untuk mencegah rekonstruksi bangunan-bangunan mereka yang rusak akibat agresi brutal 22 hari rezim Zionis Israel, padahal musim dingin akan tiba. Para agresor dan pendukungnya meneriakkan slogan membela hak asasi manusia, sementara pada saat yang sama memanfaatkan slogan ini guna menekan pihak lain. Kini tidak dapat lagi diterima kelompok minoritas dengan jaringan rumit disertai desain yang tidak manusiawi menguasai ekonomi, politik dan budaya dunia. Mereka menerapkan perbudakan modern dan menjadikan martabat seluruh bangsa dunia, bahkan Eropa dan Amerika sebagai korban ketamakan rasialisme.
Tidak dapat diterima bila sebagian yang berasal dari ribuan kilometer jauhnya dari kawasan Timur Tengah, melakukan intervensi militer yang mengakibatkan terjadinya pembunuhan, perang, teror, ancaman dan agresi. Namun sensitifitas bangsa-bangsa di kawasan akan nasib, keamanan nasionalnya, teriakan protes terhadap ketidakadilan, agresi dan dukungan mereka kepada masyarakat sebangsa dan seagama yang tertindas disebut sebagai aksi perlawanan terhadap perdamaian dan campur tangan urusan dalam negeri negara lain. Perhatikan dengan baik kondisi yang terjadi di Irak dan Afganistan!
Kini, tidak bisa lagi melakukan pendudukan militer terhadap satu negara dengan slogan melawan terorisme dan narkotika, sementara produksi narkotika menjadi berkali lipat, wilayah terorisme menjadi lebih luas, ribuan orang tak berdosa tewas, cidera dan mengungsi, infrastruktur hancur dan keamanan regional terancam. Lucunya, para pelaku utama tragedi kemanusiaan ini malah terus menuduh pihak lain sebagai pihak yang harus bertanggung jawab.
Kini, tidak bisa lagi meneriakkan slogan persahabatan dan solidaritas kepada bangsa-bangsa dan bersamaan dengan itu mereka memperluas pangkalan-pangkalan militer di dunia, termasuk Amerika Latin.
Kondisi yang ada tidak dapat dilanjutkan. Kini tidak mungkin logika militerisme mampu memajukan politik ekspasi dan anti kemanusiaan. Logika kekuatan dan ancaman akan memunculkan dampak yang lebih buruk dan menambah masalah yang telah ada.
Tidak dapat diterima bila anggaran belanja militer sebagian negara mencapai beberapa kali lipat dari bujet militer seluruh negara di dunia; ekspor senjata yang pertahunnya mencapai ratusan miliar dolar; penyimpanan senjata kimia, biologi dan nuklir; pembukaan pangkalan militer dan pengerahan pasukan di pelbagai penjuru dunia; namun di saat yang sama mereka masih menuduh pihak lain melakukan politik militerisme. Mereka berusaha menghalangi kemajuan pengetahuan seluruh bangsa di dunia dengan menyalahgunakan fasilitas dunia dan dengan mengangkat slogan-slogan bohong diantaranya slogan melawan perlombaan senjata.
Tidak dapat diterima bila Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Dewan Keamanan PBB yang semestinya berperan mewakili seluruh bangsa dan negara dan pengambilan keputusannya berdasarkan sistem paling demokrasi ternyata justeru berada di bawah kendali dan pengaruh segelintir negara dan hanya melayani kepentingan mereka.
Pada prinsipnya, di dunia yang pemikiran, budaya dan opini publik menjadi faktor penentu, kondisi seperti ini tak bisa dipertahankan. Harus ada tindakan nyata untuk melakukan perubahan yang mendasar.
Poin Kedua
Perubahan harus dilakukan di dua ranah; ranah teori dan ranah praktis dalam struktur dan metode secara mendasar.
Tidak mungkin mengubah kondisi yang ada dan menciptakan dunia yang ideal dengan prinsip pemikiran dan metode yang menjadi penyebab utama semua problem masyarakat manusia.
Pemikiran Liberalisme dan Kapitalisme yang menghegemoni dunia, yang telah memisahkan manusia dari akhlak dan "langit", bukan hanya tidak membawa kebahagiaan kepada umat manusia, tapi malah menjadi faktor kesengsaraan termasuk perang, kemiskinan dan penderitaan. Semua menyaksikan bagaimana struktur ekonomi timpang yang berada di bawah pengawasan kebijakan politik menggerus kepentingan bangsa-bangsa demi keuntungan sejumlah pemodal tak bermoral.
Struktur politik dan ekonomi pasca Perang Dunia II yang dibangun dengan niat hegemoni dunia tidak mampu menjamin keadilan dan keamanan yang berkelanjutan.
Para penguasa yang hatinya tidak pernah bergetar dengan cinta kepada manusia, bakal mengorbankan ide keadilan dalam dirinya. Mereka tidak pernah memberikan hadiah perdamaian dan persahabatan kepada umat manusia.
Sebagaimana Marxisme telah tumbang dan hanya dapat ditemukan dalam sejarah, dengan pertolongan Allah, Kapitalisme juga akan bernasib sama. Karena berdasarkan sunnah ilahi, yang disebut Al-Quran sebagai prinsip, kebatilan bak melukis di atas air, bakal lenyap dan hanya yang memberikan manfaat kepada manusia akan tetap dan langgeng. Semua harus waspada betapa tujuan imperialisme, diskriminasi dan aksi tak manusiawi semata-mata tidak dapat ditemukan hanya dengan mengubah slogan dan dengan paket usulan baru.
Dunia membutuhkan perubahan mendasar dan semua harus saling bekerjasama agar perubahaan terjadi di jalur yang benar. Di bawah perubahaan mendasar ini tidak boleh ada pengecualian baik pribadi maupun negara dan tidak ada yang lebih dibandingkan yang lain. Tidak boleh terjadi ada pemaksaan keinginan hanya dengan mengklaim dirinya sebagai pemimpin dunia.
Poin Ketiga
Penyebab utama segala problema masyarakat internasional adalah menjauhnya sebagian penguasa dari moral, nilai-nilai kemanusiaan dan ajaran para nabi ilahi. Patut disayangkan dalam mayoritas hubungan utama dunia, cinta, pengorbanan demi keselamatan dan kebahagiaan orang lain, penekanan terhadap keadilan dan kehormatan manusia telah diambil alih oleh egoisme, kerakusan yang tidak pernah puas dan kenikmatan individu yang tak terbatas.
Penyembahan kepada Allah yang Esa telah diserahkan kepada penyembahan diri, bahkan sebagian malah meletakkan dirinya pada posisi Tuhan. Tanpa memiliki kelayakan manusiawi mereka bersikeras memaksakan apa yang dipahami dan diinginkannya kepada dunia. Kebohongan telah mengambil tempat kebenaran, kemunafikan di tempat kejujuran dan egoisme menggantikan pengorbanan.
Tipu muslihat dalam berinteraksi disebut kecakapan dan diplomasi. Penjarahan kekayaan negara lain disebut pembangunan dan pengembangan, penjajahan tanah air bangsa lain diistilahkan pemberian hadiah kebebasan dan demokrasi, dan penindasan bangsa lemah dianggap membela hak asasi manusia.
Saudara-saudara dan rekan-rekan yang terhormat!
Menyelesaikan masalah dunia dan menciptakan keadilan dan perdamaian hanya akan terwujud dengan tekad dan solidaritas seluruh bangsa dan negara di dunia. Periode dua kutub yang berasal dari sistem hegemoni dan kekuasaan beberapa negara atas dunia telah berakhir.
Hari ini kita harus bangkit dengan komitmen bersama menghadapi kondisi yang ada, menindaklanjuti perubahan secara serius dan berusaha dalam partisipasi dan perjuangan bersama agar kita semua dapat kembali pada nilai-nilai akhlak, manusiawi dan fitrah.
Para nabi ilahi dan orang-orang saleh diutus ke dunia untuk mengenalkan hakikat manusia dan tanggung jawab individu dan sosial manusia.
Kesucian, iman kepada Allah yang Esa, Hari Perhitungan, penerapan keadilan di dunia dan akhirat, pencarian kebahagiaan hakiki dalam kebahagiaan orang lain menggantikan kedengkian dan egoisme, dan melayani orang lain mengambil tempat penguasaan atas orang lain berada dalam puncak ajaran para nabi ilahi dari Nabi Adam, Nuh hingga Ibrahim, Musa, Isa dan Rasulullah Muhammad Saw, penutup silsilah para nabi.
Mereka semua diutus untuk mencegah terjadinya perang, melenyapkan diskriminasi dan kemiskinan, memberantas kebodohan dan menciptakan kemakmuran bagi seluruh umat manusia. Bila pemikiran "penantian" pemerintahan segala kebaikan dan pemerintahan saleh menjadi pemikiran global dan kita semua berusaha demi kebahagiaan seluruh dunia, saat itu harapan akan perubahan menjadi lebih realistis dan lebih berkembang.
Poin Keempat
Menurut saya ada beberapa agenda penting di hadapan kita. Sekjen PBB dan Ketua Majelis Umum PBB dapat menyusun program berdasarkan agenda tersebut dan menjadi pelopor dalam mengambil langkah-langkah penting di jalan ini.
1. Perubahan struktur Perserikatan Bangsa Bangsa dan mengubahnya menjadi satu lembaga kekinian, memasyarakat, netral, adil, berpengaruh dalam hubungan internasional, perubahan struktur Dewan Keamanan, penghapusan keistimewaan diskriminasi hak veto, pemberian segera dan secara penuh hak-hak rakyat Palestina dengan menyelenggarakan referendum bebas dan menjadi sarana bagi kehidupan harmonis antara umat Islam, Kristen dan Yahudi di Palestina dan menghentikan intervensi di Irak, Afganistan, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Asia dan Eropa.
Pemerintah kafir dapat diterima tapi tidak untuk pemerintah zalim. Ini adalah ucapan Nabi Muhammad Saw. Kezaliman dan pelanggaran HAM di Palestina seperti berlanjutnya pengusiran warga Palestina pemilik asli tanah air Palestina yang tinggal di Baitul Maqdis, perusakan rumah-rumah oleh penjajah Al-Quds, sementara di Afganistan dan Pakistan yang serupa dilakukan lewat pengeboman udara dan di penjara Guantanamo yang patut disesalkan ternyata hingga kini belum ditutup. Belum lagi penjara-penjara rahasia di Eropa.
Berlanjutnya kondisi saat ini mengakibatkan semakin bertambahnya kedengkian dan kekerasan. Kezaliman dan agresi harus dicegah. Patut disesalkan, bagaimana laporan-laporan resmi terkait aksi-aksi brutal rezim Zionis Israel di Jalur Gaza tidak dipublikasikan secara lengkap. Sekjen PBB yang terhormat punya kewajiban berat yang harus dilakukan. Masyarakat internasional sudah tidak sabar menanti para agresor Gaza dan pembantai rakyat lemah diadili dan dijatuhi hukuman.
2. Perubahan struktur ekonomi berdasarkan hubungan ekonomi yang etis dan manusiawi di dunia demi melayani kesempurnaan manusia berlandaskan keadilan yang kongkret. Hubungan ekonomi yang mampu mengaktualkan potensi dan kemampuan bangsa-bangsa, memberi hadiah kesejahteraan kepada seluruh umat manusia dan menjamin kehidupan generasi mendatang.
3. Perubahan hubungan politik internasional, membangun hubungan berdasarkan perdamian dan persahabatan yang berkelanjutan, mencerabut sampai ke akar-akarnya perlombaan senjata, mengakhiri politik destruktif, melucuti senjata nuklir, kimia, dan biologi, dan mempersiapkan sarana bagi pemanfaatan teknologi modern dan damai demi kemajuan umat manusia.
4. Perubahan struktur budaya, penghormatan kepada adat-istiadat dan tradisi bangsa-bangsa, menyebarkan akhlak, spiritual dan memperkuat sendi-sendi keluarga yang hangat, langgeng dan bahagia sebagai tiang penyangga masyarakat yang bahagia.
5. Perhatian global terhadap upaya perlindungan lingkungan hidup manusia dan menjaga undang-undang dan hukum internasional guna mencegah kerusakan kekayaan alam yang tak dapat diperbaharui.
Poin Kelima
Bangsa Iran pasca pemilu presiden yang meriah dan benar-benar bebas telah menandai babak baru kemajuan nasional dan interaksi luas dengan dunia, dan dengan suara mayoritas menyerahkan tanggung jawab berat di pundak saya. Di sini saya mengumumkan kesiapan bangsa Iran yang besar, pencipta peradaban dan negara Republik Islam Iran sebagai satu dari pemerintah maju dunia yang paling demokratis untuk ikut secara aktif dalam sebuah program yang adil dan berdasarkan prinsip saling menghormati demi menghilangkan kekhawatiran dan problema umat manusia dengan memanfaatkan segala kapasitas budaya, politik dan ekonominya.
Bangsa Iran, pencipta budaya termasuk korban terbesar terorisme. Di dekade pertama revolusinya yang sudah berumur tiga puluh tahun, Iran mampu menghalau invasi luas militer. Bangsa kami selalu menjadi sasaran kebencian pihak-pihak yang suatu hari mendukung agresi Saddam ke Iran dan saat memanfaatkan senjata kimia, sementara di hari lainnya mereka mengerahkan pasukan ke Irak dengan alasan ingin melenyapkan kejahatannya.
Bangsa Iran menginginkan dibangunnya dunia yang penuh dengan keindahan dan kasih sayang bagi setiap bangsa dan seluruh umat manusia. Bangsa ini mengumumkan siap melestarikan perdamaian dan keamanan bagi seluruh bangsa berdasarkan keadilan, spiritualitas dan kehormatan manusia di samping upaya pembelaan dengan segenap kekuatan atas hak-hak legalnya.
Demi terealisasinya semua tujuan ini, bangsa kami siap menyambut hangat tangan yang diulurkan dengan jujur. Tidak ada bangsa yang merasa tidak membutuhkan perubahan dalam melalui jalan kesempurnaan ini. Kami menyambut baik perubahan riil dan manusiawi, dan siap berperan serta dalam perubahan dunia yang mendasar.
Berdasarkan hal ini saya menekankan;
Satu-satunya jalan keselamatan adalah kembali pada tauhid dan keadilan. Ini harapan dan kesempatan terbesar di setiap masa dan generasi. Tanpa iman kepada Allah, komitmen kepada pelaksanaan keadilan dan melawan ketidakadilan dan diskriminasi, sistem dunia tidak akan terbentuk.
Manusia adalah inti sistem keberadaan. Ciri khas manusia ada pada sisi kemanusiaannya. Hakikat inilah yang menuntut keadilan, kesucian, cinta, ilmu, makrifat dan seluruh kesempurnaan lainnya. Harus ada dukungan dan kesempatan bagi setiap manusia untuk meraih nilai-nilai kemanusiaan ini. Menghapus satu dari dimensi hakikat ini sama artinya dengan mennghapus kemanusiaan. Ini adalah unsur kolektif yang mengikat seluruh umat manusia dan membentuk pondasi perdamaian, keamanan dan persahabatan.
Agama-agama ilahi memperhatikan seluruh dimensi kehidupan manusia termasuk penghambaan kepada Allah, akhlak, keadilan, melawan kezaliman dan berusaha menciptakan pemerintahan yang adil dan saleh. Nabi Ibrahim as adalah penyeru tauhid di hadapan Namrud, Nabi Musa as di hadapan Firaun dan Nabi Isa serta Nabi Muhammad saw berdiri kokoh menghadapi orang-orang zalim di masanya. Sikap tegar mereka sampai pada tahapan diancam mati dan diusir dari negerinya. Tanpa keteguhan dan protes, ketidakadilan tidak akan tercerabut dari dunia.
Poin Terakhir
Rekan-rekan dan saudara-saudara yang tercinta.
Dunia saat ini tengah mengalami perubahan. Sesuai janji Allah kepada manusia, nasibnya dibangun berdasarkan kehidupan tayyibah dan manusiawi. Akan tiba suatu masa di mana keadilan menyeluruh dan global dan setiap manusia akan dihormati dan dimuliakan. Pada saat itu jalan kesempurnaan spiritual manusia akan terbuka dan perjalanannya menuju Allah dan manifestasi asma' Allah bakal terwujud. Manusia harus sampai pada satu titik di mana simbol ilmu dan hikmat, rahmat dan belas kasih, keadilan, kekuasaan dan kreativitas, kedermawanan dan kemurahan semuanya adalah Allah.
Semua ini bakal terwujud di bawah pemerintahan manusia sempurna, insan ilahi yang dipersiapkan untuk akhir zaman, keturunan Rasulullah saw; yakni Imam Mahdi (af). Beliau akan datang untuk merealisasikan tugas besar dunia dengan diiringi Nabi Isa bin Maryam as dan manusia-manusia suci lainnya. Inilah pemikiran "penantian". Penantian kepemimpinan segala kebaikan dan pemerintahan saleh. Sebuah pemikiran global, fitrah dan sumber harapan bangsa-bangsa akan perubahan dunia.
Dengan bantuan manusia-manusia mukmin dan saleh mereka akan mewujudkan segala umat manusia sepanjang sejarah terkait kebebasan, kesempurnaan, kemajuan, keamanan, ketenangan, perdamaian dan keindahan. Mereka akan datang untuk memberangus perang dan agresi dan menghadiahkan segala ilmu, spiritualitas dan persahabatan kepada dunia.
Benar, benar. Masa depan manusia yang cemerlang akan tiba.
Saudara-saudara, mari kita nantikan periode indah itu dan dalam komitmen bersama kita turut memberikan sumbangsih yang selayaknya guna mempersiapkan sarana demi terciptanya masa depan ini.
Hidup cinta dan spiritual...
Hidup perdamaian dan keamanan...
Hidup keadilan dan kebebasan...
Terima kasih kepada seluruh hadirin.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. [irib/SL] - Ihsan Radio Indonesia
Friday, September 25, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment