Pages

Sunday, October 12, 2008

Sultan Pertimbangkan Maju sebagai Capres

BANTUL, MINGGU - Di hadapan lebih dari 32.000 warga Bantul dalam acara halalbihalal, Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu Presiden 2009. Namun, Sultan mengaku masih menemui banyak kendala.

"Saya perlu kontemplasi terlebih dulu dengan berbicara pada nurani saya sendiri. Saya tidak akan memutuskan sekarang, tetapi akan mempertimbangkan dengan jernih aspirasi dari masyarakat," ujar Sultan di Lapangan Sumberagung, Bantul, Minggu (11/10) siang.

Menurut Sultan, masih banyak risiko yang harus dipertimbangkan jika mengajukan diri sebagai kandidat. "Jangan sampai saya hanya jadi ayam jago belehan (sembelihan). Kalau maju, ya harus menang," ujarnya.

Ganjalan utama yang dirasakan Sultan terutama terkait Rancangan Undang-Undang tentang Pemilu Presiden yang hingga kini belum selesai. UU tersebut mensyaratkan calon dari produk bukan pemilihan untuk mengundurkan diri sembilan bulan sebelum pemilu.

Padahal, jabatan Sultan sebagai Gubernur DIY saat ini bukan hasil pemilihan, tetapi perpanjangan jabatan. Jika ingin mengajukan diri, Sultan harus mundur per Oktober ini. "Yang kena (dirugikan) oleh UU ini, ya cuma Hamengku Buwono X. Konsekuensi ini perlu dipikirkan," tuturnya.

kompas

No comments:

Posting Terkini